Selasa, 23 April 2013

Fashion Show Menggunakan Busana Daur Ulang Sampah



YOGYAKARTA- Puluhan Siswa SD Montessori Yogyakarta (JMS) mengikuti Lomba fashion show (23/4) di Aula Sekolah yang beralamat di Jalan lempongsari 136B, Jongkang Baru, Sariharjo, Ngaglik, Sleman.

Fashion Show ini unik, karena siswa dan siswi menggunakan busana daur ulang sampah. Meski berbahan dasar sampah, para model cilik masih tampak cantik menggunakan pakaian unik hasil menyulap sampah menjadi aneka desain busana yang terlihat menarik.

Lomba Fashion Show yang digelar memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, para peserta dituntut kreatif memanfaatkan sampah-sampah yang bisa didaur ulang seperti kemasan makanan ringan, kemasan sabun cuci, sampah kertas,hingga bahan dari kantong kresek.

Slamet Priyanto S.Pd mengatakan kepada wartawan, lomba fashion show ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan sekolah dalam perayaan Hari Bumi 2013.

"Tahun ini kami mengangkat tema From SD Montessori to Mother Earth. Rangkaian kegiatannya antara lain Lomba Fashion Show busana Daur Ulang, Penghijauan Kembali  lahan bekas erupsi Merapi, dan Lomba Menulis bertemakan “Save Our Earth,” Ujarnya.

Menurut Slamet, dengan diadakannya fashion show dengan busana daur ulang ini memberikan pengetahuan  akan pentingnya melestarikan lingkungan sekitar dan juga merupakan aksi konkret kepada anak-anak dalam pelestarian lingkungan untuk mengurangi penumpukkan sampah.

Amelia, salah satu orangtua peserta mengungkapkan persiapan membuat pakaian dari sampah daur ulang yang memerlukan waktu 2 minggu. Dia membuat busana dari koran dengan ditambah bunga-bunga sebagai pemanis.

“Tidak terlalu sulit untuk membuat busana ini, anak saya juga sangat excited ketika melihat busana fashion shownya. Dia sampai mengatakan ‘Mami bajunya keren’, urainya disela-sela perlombaan.

Amelia menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi acara ini karena acara ini sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan kepada anak agar menjaga  dan peduli akan kelestarian lingkungan.

Antusias peserta sangat tinggi terhadap acara ini, terlihat dari semua orangtua siswa hadir untuk melihat anaknya berlenggak-lenggok di catwalk dengan busana daur ulang. Pesertanya adalah siswa SD Montessori dari kelas 1 -4. Dengan pemenang lomba dari kelas 1, Christabel Felycia Kwik; Kelas 2,Jesslynn Chang; Kelas 3, Gabriella Aiko dan Kelas 4, Satya Puan Sahasika.

Tidak ada komentar: