Rabu, 05 Februari 2014

Semuanya istimewa :3

Akhirnya... Setelah sekian banyak aktivitas yang saya lalui...

Saya dapat mengisi halaman blog ini lagii... (lebay? ga apa-apa :D )

Terakhir saya isi dengan berita-berita yang saya tulis ketika melakukan kuliah kerja lapangan (KKL) di Suara Merdeka..




Presentasi proker - Audit kampus 2


Well,, Hello my blog !
Cerita yang saya tuliskan kali ini dimulai ketika saya sudah menyelesaikan proses KKL (dari terjun ke lapangan - ujian - jilid laporan KKL).

Ketika itu, saya diajak oleh temen saya untuk mendaftar menjadi seorang ADPL , what's that? ADPL itu singkatan dari Asisten Dosen Pendamping Lapangan, yang akan mendampingi peserta KKN.

KKN disini bukan singkatan dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme lho ! KKN itu program wajib dari universitas saya sebelum mereka menyelesaikan kuliah (Baca : WISUDA ... *envy banget kata-kata itu* )

KKN itu Kuliah Kerja Nyata.  Mungkin di Unversitas lain KKN itu disamakan dengan KKL atau PKL. Tapi di Universitasku tidak :D

KKN yang diberlakukan di Universitas saya itu KKN lokasi dengan peserta tinggal bersama warga di lokasi dan melaksanakan program kerja..

Setelah mengetahui saya diterima, saya menjalani berbagaaaai proses persiapan ,,,

Semuanya menyenangkan... (Tergantung masing-masing individu juga sih... Kl saya yang notabene 'orang lapangan' pasti sangat menikmati segala proses yang menjadi tanggung jawab dari ADPL. Meskipun lelah dan mood yang selalu bergejolak senantiasa menghiasi , ahhahaa)

saya  'memegang' 4 kelompok dalam 1 unit, Unit I  \m/
Tibalah saat dimana saya bertemu dengan anak-anak peserta unit untuk pertama kali di acara pembekalan yang lebih keren disebut coaching KKN hahaha! Pandangan pertama saya untuk anak-anak peserta di unit i, mereka luar biasa dengan berbagai keunikkan masing-masing :3


Pra lokasi semua berjalan dengan lancar meski sudah mulai terlihat berbagai dinamika dalam setiap orang dalam kelompok.. Puji Tuhan semua masih bisa teratasi :3

Hari penerjunan pun tiba.. Ternyata jadwal tahun ini itu bergeser dari tahun lalu saat saya menjadi peserta. tahun ini hari penerjunan tepat 2 hari setelah Natal (berat rasanya meninggalkan keluarga yang tengah berkumpul merayakan natal tapi ya sudahlah .. Ini yang dinamakan konsekuensi .. hmmmf ~)

Saya yakin semua peserta pun merasakan hal yang sama dengan apa yang saya rasaakan (awalnya berat sekali berlibur sebulan di lokasi KKN, xoxoxo ).

Semua kewajiban yang saya emban saya lalui dengan hati riang meski banyak sekali ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan (hayooo.. masih inget ATHG ? wkwkwk)

Di minggu awal saya merasakan jetlag yang sangat terasa, suasana posko ADPL yang sangat ramai pun tak bisa menggantikan suasana hangatnya natal bersama keluarga. Meski demikian saya berusaha menjalankan semua kewajiban saya dengan baik (balik lagi yak,,, konsekuensi!)

PAIIIIT !
Begitulah yang saya rasakan tahun baruan di lokasi KKN. Sampai ada rekan sesama ADPL mengutarakan "on the spot aja spesial tahun baruan masa aku ga"  (masih ingat siapa yang ngucapin ini, guys?).
Bukan karena kami tidak menghargai apa itu makna tahun baru.. Tapi suasana lokasi yang sangat berbeda dengan lokasi kami di jogja yang menyebabkan euforia tahun baru itu terasa sangat hambar (seperti hubungan kitaa ... #eh )

Udah di posko sepi, mau main ke posko anak-anak jauh.. Semakin sedih manakala orang rumah itu kirim foto-foto mereka lagi ngapain,,, hmmm.. awal tahun yang pait. (tapi tetep dinikmatiiii ~ 

well, ndak tahu lagi ngapain .. di Posko krik-krik cuman nonton tv dengan suasana desa yang sangat tenang (perhalusan makna dari sepiiiiii~) mungkin tidur itu lah yang paling PAS ! {Bisa dibayangkan bagaimana bentukan saya kalo di Posko cuman makan-tidur-bimbingan :( }

Tapi yang membuat hati ini sedikit terobati saat mama tersayang menelpon hanya untuk mengatakan "Mbak, selamat tahun baru ya.. Sekarang Mbak berdoa, mengucapkan syukur atas kesempatan yang Tuhan berikan untuk memasuki tahun baru... Disini baru pada selesai doa bersamaa."

Sumpah.. Selesai telponan sama mama, aku berdoa dan ga kuat nahan air mata (dikatain meloow yo ben!)
Sedih bukan karena aku ga bisa merasakan euforia tahun baru dengan kembang api, tapi yang bikin nyayat ati manakala kedua orangtua datang ke jogja sengaja mau quality time sama anak-anaknya eh aku sebagai anak ga ada di rumah bareng mereka [maafin wulan ya ma,, tp wulan ttp sayang mama :*]

Pertengahan minggu, mulai timbul berbagai dinamika dalam kelompok.. Semakin kompleks.. Semakin rumit...
Saya dengan segala kekurangan pun dituntut untuk tetap bijak dalam menyikapi segala hal
(pelajaran penting lagi saya dapatkan : Turunkan ego dirimu demi kepentingan bersama )

Saya selalu menganggap anak-anak peserta yang menjadi tanggung jawab adalah teman. Saya menciptakan suasana tidak ada jurang pemisah antara Adpl dengan peserta. Puji Tuhannya anak-anak UNIT I tetap bisa menempatkan diri, kapan mereka harus bertindak sebagai peserta dan kapan mereka bertindak sebagai teman :)

Dinamika semakin ruweet,, namun saya tetap berusaha melaksanakan kewajiban sesuai kemampuan saya.. Hidup ini anugerah, Slow ae (baru kali ini saya suka dengan kata Slow ae ~ ) hahaha.

Terselip kisah-kisah haru, kecewa, bahagia dan menguras emosi ^^,
Terima kasih untuk kalian semua anak-anak unit I . Terima kasih untuk senyuman, amarah, kegalauan, kenangan yang kalian torehkan untukku . Terima kasih untuk tangga SMP Bina Muda Panggang yang menjadi "ruang tamu" dadakan jika kalian datang mengunjungi saya di posko ADPL :p

KKN 64 UAJY- UNIT I


Terima kasih sudah berproses bersama dan berakhir dengan sukacita hahahaa...

Cintaku bersemi di tangga SMP Bina Muda Panggang - [sampe tercipta tagline ini krn seringnya dijadikan 'ruang tamu' adpl hahaaa ] adakah yang setuju dengan tagline ini? :p


Dari KKN 64 pula, saya menemukan banyak teman, abang, adik, dan keluarga baru :D
Bertemu nanti pas wisuda ya guys ! :3

we are team !











2 komentar:

Astri Asih mengatakan...

Dinamikanya ruwet ya mbak? hahahaaha. maaf ya mbak kalo kami suka ngeruwetin. makasih buat semuanya *kesan pesan yang tertunda*

JoSePhIne mengatakan...

ahahaha...
Itulah hidup dek.. Semua ada pasang dan surut.. Ada suka dan duka..

klo ndak ruwet, aku ndak akan belajar bagaimana caranya bersikap dewasa.. (padahal belum dewasa jugak sih ~)

Semangat yaaa buat kamu yang melanjutkan tugasku dahuluuu...