Jumat, 19 Oktober 2012

Perempuan Itu UNIK


Hei para perempuan.. 
Mengenal lebih dekat tentang kita yuk 




Tulisan ini dibuat untuk mengurangi rasa sakit diperut saya karena sedang haid :(



Seharusnya  kita mensyukuri ketika kita terlahir sebagai perempuan dengan semua keunikannya..

Mulai dari sifatnya yang lembut  dan cenderung sensitif (tergantung individunya juga sih) sampai tanggung jawabnya ketika menikah (mengandung maksudnya...) karena cuman perempuan kan yang mampu mengemban tugas berat (Hamil itu ga gampang kayanya. Saya sering lihat tante yang sedang hamil rasanya sesak dan wow luar biasa perjuangannya)

Well, saya dapet banyak banget pelajaran yang menyangkut hal ini dari SD - SMA. 
Perempuan itu memang unik , why? karena seorang perempuan yang dapat mengandung (karena memiliki rahim) sebelum rahim itu terisi embrio perempuan akan mengalami menstruasi/ haid/ datang bulan setiap bulannya. 

Biasanya, seorang perempuan yang menstruasi akan diawali oleh Sindrom Pra Haid atau  PMS(Premenstrual Syndrome), masa ini perempuan biasanya mengalami ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. 

PMS merupakan kumpulan gejala yang muncul antara 1 hingga 14 hari sebelum masa menstruasi dan biasanya berhenti saat menstruasi mulai. Gejala ini biasa ditandai dengan  keluhan fisiologis yang menyerang segala sistem tubuh maupun gejala psikologis yang mencetuskan masalah mental dan emosional, seperti mudah marah, merasa kurang percaya diri atau lebih parah mendekati depresi.

Setelah merasakan PMS, biasanya 14 hari kemudian langsung mengalami menstruasi atau datang bulan.  Bagi perempuan datang bulan sudah seperti  'sahabat karib' setiap bulannya.. 
Kesakitan yang kerap dirasakan oleh perempuan bukan saja saat PMS melainkan saat menstruasi juga. 

Nyeri haid ada dua macam:
1.Nyeri haid primer, timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu. Tepatnya saat lebih stabilnya hormon tubuh atau perubahan posisi rahim setelah menikah dan melahirkan. Nyeri haid ini normal, namun dapat berlebihan bila dipengaruhi oleh faktor psikis dan fisik, seperti stres, shock, penyempitan pembuluh darah, penyakit yang menahun, kurang darah, dan kondisi tubuh yang menurun. Gejala ini tidak membahayakan kesehatan.
2.Nyeri haid sekunder, biasanya baru muncul kemudian, yaitu jika ada penyakit atau kelainan yang menetap seperti infeksi rahim, kista/polip, tumor sekitar kandungan, kelainan kedudukan rahim yang dapat mengganggu organ dan jaringan di sekitarnya.
Akan tetapi, nyeri haid (dismenorrhoe) juga bertanda positif. Artinya jika seorang wanita mengalami nyeri pada siklus haidnya itu merupakan siklus ovulatoir atau siklus subur. Jadi wanita tersebut mempunyai kemungkinan cukup besar untuk mempunyai anak. Biasanya nyeri saat haid akan berkurang/hilang setelah seorang wanita melahirkan anak (selengkapnya http://soerya.surabaya.go.id/AuP/e-DU.KONTEN/edukasi.net/Peng.Pop/Kesehatan/Haid/hal4.htm)

Ada pula beberapa perempuan yang mengalami gangguan siklus menstruasinya atau yang kerap disebut dengan telat datang bulan (amenorrhea).


ada dua jenis amenorrhea yaitu primer dan sekunder. Amenorrhea primer adalah kejadian dimana seorang wanita yang sudah berusia sampai 18 tahun belum juga mengalami haid. Hal tersebut disebabkan oleh terhambatnya perkembangan pubertas, tidak terbentuknya hormon atau tidak terbentuknya sel telur.
Sedangkan bila perempuan tidak mendapatkan haid selama 3-4 kali semenjak haid terakhir, gejala itu disebut amenorrhea sekunder. Penyebabnya adalah penurunan berat badan yang drastis, olahraga yang berlebihan, stress atau depresi, kehamilan, efek dari obat tertentu dan tumor. Apabila terjadi kondisi seperti ini, segeralah memeriksakan diri ke dokter.


Semoga bermanfaat ya...


_dan tulisann ini membuat perut saya 'sedikit membaik' :D

Tidak ada komentar: