Rabu, 03 Oktober 2012

BAKSO ~

Tulisan ini ditulis saat perut saya dangdutan n keroncongan di sudut perpustakaan dengan mata yang sudah 50%. Kaya apa jadinya? we see !

well, semua ini dari suasana siang hari Jogja yang sangat panas. Setelah melakukan perjalanan ke gejayan, saya memutuskan untuk bertandang ke perpustakaan dengan 'sok-sokan jadi anak rajin' #okesip.

Awalnya dan niatnya itu mau ngerjain tugas salah satu matakuliah yang harus saya ambil karena ada kesalahan teknis saat semester kemaren.

Jam tangan saya sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Lembar Ms Word di laptop hadapan saya pun sudah terpenuhi dengan kata- kata.

Lapar sudah tentu kurasa, karena ini perut daritadi bunyi mulu dan tidak seperti biasanya saya MELEWATKAN jam makan siang :p

Tapi saat ini berbeda, saya kembali mengurungkan niat saya untuk keluar perpustakaan ditambah lagi cuaca Jogja akhir-akhir ini sangat tidak bersahabat untuk kesehatan kepala dan kulit (baca: panas).

tiba-tiba terlintas dalam benak saya yaitu makanan yang sangat saya sukai yaitu BAKSO.
Bakso merupakan jenis bola daging yang dibuat dari campuran dari daging sapi giling dan tepung tapioka. akan tetapi bakso ada juga yang terbuat dari daging ayam, ikan, udang, dan babi.

Bakso disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening dan biasanya dilengkapi dengan mi, bihun, toge, tahu, atau bakwan goreng dan ditaburi bawang goreng dan seledri *untuk bawang gorengnya ga banget*

Uda dari kecil saya 'akrab' ama bakso. Gimana enggak, orang mama dan tante saya itu 'penggila bakso'.Hampir 1 bulan itu makan bakso 7 kali tapi tanpa MSg. hehee..

Dan yang gokilnya adalah... hampir semua bakso yang ada di kota PWK udah pernah saya icip.
Dilist dulu ya.... ~
Bakso Slamet Gunung Giri.. Ini bakso yang paling "populer" di kota saya, nama tukang baksonya mas slamet
dia ini asli dari Wonogiri. Kurang tau juga sih dia uda lama di purwakarta. Yang pasti semua anak dan istrinya diboyong ke pwk. Tempatnya di depan ruko perumahan rumah saya di PWK, hmm.. kalo makan disini menu favoritenya itu yamin, yamin itu sejenis mie goreng tapi pake bumbu racikan mas slamet dan ga pake kuah) + bakso gedenya yang enyaaaaaaak.. *ngiler gue nulisnya*

Bakso yang lewat di rumah bude saya di Gang Flamboyan. Baksonya terkenal dengan Bakso Berot yang dalam bahasa sunda berarti pelit. Lucu juga namanya, tapi saya kurang tau kenapa sampe dinamin berot. Mungkin karena dia pelit kali ya... hehehe ~
Baksonya enak, mie kuningnya beda banget kaya  bakso yang ada di JOGJA.tapi sayangnya bakso ini ukurannya kecil, dan satu porsinya 7rb cuman dapet 1 bakso sedang dan 3 bakso kecil (Mungkin ini kenapa dinamain bakso berot..hehehe)

Bakso Slamet Jangkung, q agak lupa nama gerobak baksonya... Tapi terkenalnya dengan sebutan itu, kalo bakso ini masih relatif murah dibandingkan dengan bakso lainnya. Letak bakso ini di depan pelataran Salon L'diva yang di komplek perumahan saya di Purwakarta. Yang membedakan bakso ini dengan yang lain ya penjualnya, suara penjualnya halus bener ... hehehehe

Bakso Budi, ini bakso yang uda hits banget seantero Purwakarta. Siapa hayo yang ga tau ?? hehehe. Bakso ini punya tekstur yang halus banget.. enyak, tapi ga enyaknya ya itu bisa dibilang relatif mahal.. hehehe
Dulu sih bakso ini di depan ruko perumahan saya, tapi karena uda laku dia beli ruko ke jalan veteran samping SMPN 7. (Gosip*nya resep bakso budi itu pernah mau ada yang beli lhoo ~)

Bakso Sedap Rasa, ini baksonya enyak dan khas banget cuman bisa ditemuin di RM Chinesse Food Sedap Rasa. Kalo tempatnya sih ga terlalu gede, tapi pengunjungnya selalu rame. Kalo makan bakso ini cocoknya sambil nunggu mie goreng n ayam kuluyuknya dibungkus :p

Bakso di PASJUM, ini baksonya di pelataran Pasar Jumat alias Golden Star. Harga seporsinya 7rb kalo belum naik, tapi ga nyaman makan disini coz banyak bener pengamennya, belum juga makan uda kenyang ama pengamen :(

Bakso Mang Jaja, kalo ini varian baksonya kaya bakso bakwan gitu, jadi ada bakso urat, bakso ikan, bakso biasa pake pangsit goreng (kalo di pwk bilangnya bakwan). Walaupun di kaki lima, tapi citra rasa dari bakso ini ga kalah deh

Bakso Mang Nano Gang Bayeman, ini juga salah satu tempat favorite saya dan anak SNG kalo makan. Ayoo SNG kapan makan bakso lagi #Duh!

Bakso di STS, itu juga lumayan buat pengganjal perut lapar ~

Bakso di Jalan Tengah deket Outlet Mars Clothing

Bakso di samping perumahan Munjul Jaya

Bakso disamping rumah ex aku.. wkwkwkwkw

Kalo di Jogja, saya baru sedikit cucok ama bakso disini..

Bakso Condong Raos di Blok O
Bakso di basement Galeria Mall
Bakso dan Mie ayam piring terbang..

Ada rekomendasi bakso lainnya? :p

2 komentar:

Wisman Permana mengatakan...

101 % HALAL..., Baso, Harga Murah dan wenaakkk.., Hub : Ibu Nanang di 08158710393 or 021 8202328., Terima Pesanan ., 101 % HALAL... Jawa Barat, Baso Jawa Barat, Harga Murah dan wenaakkk.. Jawa Barat, Hub : Ibu Nanang di 08158710393 or 021 8202328. Jawa Barat, Terima Pesanan . Jawa Barat, 101 % HALAL... Bekasi, Baso Bekasi, Harga Murah dan wenaakkk.. Bekasi, Hub : Ibu Nanang di 08158710393 or 021 8202328. Bekasi, Terima Pesanan . Bekasi

Foto dari Baso Flamboyan - Bekasi - Jawa Barat - basoflamboyan.blogspot.com

Wisman Permana mengatakan...

http://id.openrice.com/jakarta/restaurant/baso-flamboyan-bekasi-timur/652318