Kamis, 01 Maret 2012

Deskripsi dari 'Cantik' itu bagaimana?

Sesuai dengan title yang saya ambil, saya kini tengah mempertanyakan deskripsi dari cantik.
Kategori seperti apa yang dipakai untuk menilai seseorang itu cantik atau tidak?

Pertanyaan tersebut terus mengusik pikiran saya..

Saya memiliki anggapan jika semua perempuan pada dasarnya cantik.
Tapi nampaknya anggapan saya itu luntur manakala saya menanyakan deskripsi cantik kepada saudara sepupu laki - laki saya.

"De, kamu tau ga sih cantik itu gimana?" tanyaku pada suatu siang
"Tau dong mba, cantik itu kan kaya artis* di tivi itu.." jawabnya polos
Hadeh, agak terkejut saya mendengar jawaban dari sepupu saya itu. Pasalnya dia masih anak kelas 2 SD.

Lantas saya kembali merenung, sekuat itukah bentukan cantik dari media ???
haruskah cantik itu berkulit putih mulus? lantas bagaimana dengan sayaa, yang pernah jatuh akibat balapan (biar keren.. padahal mah jatuh dari motor :p) ?
Apakah cantik itu harus memakai make up tebal ?
Haruskah cantik itu untuk perempuan bertubuh ideal bak model?

Hm........................
Nampaknya cantik yang kini dimaknai kebanyakan orang adalah cantik bentukkan atau konstruksi dari media bukan cantik dalam esensi pengertiannya.

Ketika saya mencoba bertanya kepada seorang sahabat laki - laki saya mengenai cantik, jawaban yang tidak jauh berbeda dari apa yang saya dengar dari sepupu saya.

Kalau cantik hanya dimaknai sebagai keadaan fisik semata, kasian dong orang yang memiliki kecantikan yang tidak nampak...
Tapi tetep saya masih mempertanyakan deskripsi cantik itu,,,

Tidak ada komentar: