Sabtu, 30 Juli 2011

Salahkah saya masih merindukanmu?

.....
Tiba-tiba..perasaan itu muncul kembali setelah 4 tahun
saya dan anda tak pernah saling bertegur sapa apalagi bertemu..
salahkah saya yang kini masih merindukan anda yang telah berada disebrang sana?
Apakah anda juga masih merindukan saya?


Saya disini masih sama dengan saya saat 4 tahun yang silam..
Justru saya yang tidak mengenali anda.. anda berubah .. anda yang sekarang bukan anda yang dahulu.

Entah mengapa saya masih sering merindukan anda..
setelah semua yang anda lakukan terhadap saya?

Rabu, 27 Juli 2011

The Rethoric (Retorika)

Asumsi dari Rethoric

Asumsi-asumsi dari rethorica adalah :

1. Public speaker yang efektif harus memikirkan audiencenya.

· Komunikasi adalah suatu transaksional. Pembicara seharusnya tidak menyusun atau menyampaikan kemampuan bicaranya tanpa memikirkan audience karena pembicara seharusnya menjadi pusat audience.

2. Public speaker yang efektif menggunkan sejumlah bukti-bukti dalam presentasinya.

· Berhubungan dengan apa yang pembicara lakukan dalam persiapan pembicaraannya dan pembuatan pembicarannya. Tiga bukti dari aristoteles adalah ethos , pathose dan logos.

Ethos merujuk pada karakter, intelegency dan niat baik yang dipresepsikan dari seorang pembicara.

Pathose berkaitan dengan emosi yang dimunculkan dari pendengar (khalayak umum)

Logos adalah bukti-bukti logis yang digunakan pembicara – argumen mereka, rasionalisasi dan wacana.

Silogsme dan Entymems : A three – tiered argument

Silogisme adalah sekelompok proposisi yang saling berhubungan dan menarik kesimpulan dari premis mayor dan minor.

Silogisme merupakan sekelompok pernyataan(premis) yang menuntun pada sekelompok pernyataan lainnya (kesimpulan). Dengan kata lain, premis merupakan titik awal atau permulaan yang digunakan oleh pembicara. Premis memberikan justifikasi (pertimbangan ) bagi sebuah kesimpulan.

Entimems merupakan silogisme yang didasarkan pada kemunginan kebiasaan, simbol-simbol dan contoh yang memiliki kepercayaan.

Canons Of Rethorics

Canons ialah kemampuan berbicara persuasif dapat menjadi efektif , pembicara pasti mengikuti bimbingan atau prinsip.

Lima penjelasan pidato yang efektif :

1. Invention ( penemuan)

Merupakan konstruksi atau perkembangan dari argumen yang relevan dan pembicara merumuskan tujuan serta mengumpulkan bahan (argumen) yang sesuai dengan kebutuhan khalayak.

2. Arrangement (pengaturan)

Berhubungan pada bakat dari si pembicara untuk mengatur kemampuan berbicara. Pada umumnya kemampuan berbicara harus mengikuti pendekatan : introduction, body dan conclision.

3. Style (gaya)

Merupakan penggunaan bahasa untuk mengapresikan sikap yang pasti. Setiap type rethoris memiliki gaya sendiri-sendiri.

4. Delivery (penyampaian)

Dibentuk oleh penyajian non verbal dari gagasan pembicara. Delivery memasukkan sejumlah besar perilaku, kontak mata, ucap vokal, pelafalan, pengucapan, dialek, gerakan tubuh dan penampilan fisik.

5. Memory ( ingatan)

Menyimpan hasil penemuan, menyusun dan menyebutkan dari pembicara. Pembicara membutuhkan hafalan untuk membuat keputusan yang baik sebelum berbicara.

Type- type Rethorica berdasarkan perbedaan waktu

· Forensik Rethoric

Berkaitan dengan keadaan dimana pembicara mendorong timbulnya rasa bersalah atau tidak bersalah dari khalayak (masa lalu)

· Epideictic rethoric

Merupakan jenis rethorica yang berkaitan dengan memuji atau menyalahkan(saat ini).

· Deliberative rethoric

Merupakan perhatianpembicara yang harus menentukan cara untuk bertindak, sesuatu yang harus atau tidak harus dilakukan (yang akan datang) oleh khlayak

Kritik terhadap The Rethoric

Heurisme

Teori ini menimbulkan beberapa area dalam medisiplinkan komunikasi.

Konsistensi logis

Teori ini terlalu fokus pada emosi audience. Rethorika mendorong pembicara untuk fokus menghindari emosi yang membuat mereka berhenti, ia meneruskan hanya saat tekana penting, emosi, dan meminta gairah audience sebelum berpidato.

MANAJEMEN MAKNA KOORDINASI (CMM)

Pengertian CMM
CMM merupakan makna terkoordinasi yang merujuk pada bagaimana individu-individu menetapkan aturan-aturan untuk mengartikan makna.
ASUMSI-ASUMSI MANAJEMEN MAKNA TERORGANISASI
CMM berfokus pada diri dan hubunganya dengan orang lain, serta mengkaji bagaimana seorang individu memberikan makna pada sebuah pesan. Teori ini penting karna berfokus pada hubungan antara individual dengan masyarakatnya (philipsen ,1995).
Manusia, karnanya, mampu menciptakan dan menginterprestasikan makna. Selain itu terdapat beberapa asumsi seperti ;
· Manusia hidup dalam komunikasi
Asumsi pertama ini merupakan pentingnya komunikasi. ini menjelaskan bahwa kita hidup dalam komunikasi, artinya realitas sosial yang terjadi di dalam kehidupan kita sehari-hari didasarkan pada komunikasi, jika tanpa adanya komunikasi maka realitas sosial itu tidak akan terbentuk.
· Manusia saling menciptakan realitas social
Ø Konstruksionisme social : kepercayaan bahwa orang saling menciptakan realitas social mereka dalam percakapan.
Ø Realitas social : merujuk pada pandangan seseorang mengenai bagaimana makna dan tindakan sesuai dengan interaksi interpersonalnya.
Ketika dua orang terlibat dalam pembicaraan, masing-masing telah memiliki bayak sekali pengalaman bercakap-cakap dimasa lalu dari realitas-realitas social sebelumnya. Percakapn yang kini terjadi, akan memunculkan realitas baru karna dua orang datang dari sudut pandang yang berbeda. terkadang pengalaman-pengalaman komunikasi menyuliitkan.
· Transaksi informasi bergantung pada makna pribadi dan interpersonal
Makna pribadi ( personal meaning) didefenisikan sebagai makna yang dicapai ketika seseorang berinteraksi dengan yang lain saling membawa pengalamannya yang unuk dalam interaksi.
Makna interpersonal (interpersonal meaning) adalah ketika dua orang sepakat mengenai interpretasi satu sama lain. Mencapai makna interpersonal,mungkin memakan waktu , karena sifatnyakompleks dan dihadapkan pada berbagai isu komunikasi. Pada asumsi ini teori manajemen makna terkoordinasi berhubungan dengan cara seseorang mengendalikan percakapan atau interaksi dengan orang lain. Terdapat makna pribadi dalam setiap interaksi seseorang. Makna pribadi dan interpersonal sering kali didapat secara tidak sengaja dalam percakapan. Dalam percakapan makna interpersonal harus sering dikedepankan, sehingga pemahaman ruang lingkup pribadi lebih dapat diminimalisir dengan adanya penggunaan standar yang dimengerti bersama.
KONSEP
Dalam CMM terdapat 3 konsep penting, yaitu : Management, Meaning, dan Coordination (Miller 2005:149)
· Management
Ialah pengelolaan makna dillakukan dengan aturan-aturan (rules) dalam interaksi manusia. Aturan-aturan dalam management terdiri dari constitutive rules dan regulative rules.
· Meaning
Manusia mengorganisasikan makna dengan cara yang hierarkis (West and Turner 2007:115). Madsudnya ialah ketika kita bertemu dengan orang lain, kita harus berusaha menangani tidak hanya pesan-pesan yang dikirim kepada kita melainkan juga pesan-pesan yang kita kirimkan kepada oranglain tersebut.
Hierarki dari makna tersebut berupa terbalik seperti berikut :
1. Isi
Merupakan langkah awal. Di sini yang terlibat dalam perckapan berusaha untuk mengubah pesa menjadi sesuatu yang bermakna, misalnya pada kalimat “ saya tidak mengantuk” berarti orang tersebut tidak mengantuk.
1. Tindak Tutur/ Speech Act
Pearce mendeskripsikan speech act sebagai tindakan yang kita lakukan dengan cara berbicara. Dengan speech act niat pembicara dapat teersampaikan. Contoh di atas, kalimat “saya tidak mengantuk” bila di ungkapkan dengan penekanan seperti : “ saya tidak mengantuk!” mengindikasikan orang tersebut sedang marah atauka nada kesal.
2. Episode
Episode merupakan rutinitas komunikasi yang memiliki awal, pertengahan, dan akhir yang jelas. Episode mendeskripsikan konteks dimana orang bertindak.setiap orang menandai (punctuate) episode dengan cara yang berbeda. misalnya, Ari dan Nova adalah teman chatting . Ari dan Nova sering dalam kesehariannya berkomunikasi dengan menggunakan media internet (Chatting melalui facebook), karena sering berkomunikasi lewat media tersebut maka banyak bahasa yang mereka berdua mengerti dan sering dilontarkan, contohnya dalam pembukaan pembicaraan Ari selalu “hy, gi pain?” yang merupakan sapaan Ari terhadap Nova, dan ini menandakan keduanya mengerti makna apa yang dimaksud karena sudah menjadi rutinitas mereka dalam berkomunikasi.
3. Relationship
Relationship merupakan kesepakatan dan pengertian dua orang. Pada level ini, hubungan antara Ari dan Nova semakin mendalam, dalam berkomunikasi dan bertukar makna sudah tidak ada permasalahan dan maknanya makin dalam, sudah semakin mengerti masing-masing.
4. Naskah Kehidupan (life script)
Naskah kehidupan merupakan kelompok-kelompok episode masa lalu atau masa kini yang menciptakan suatu sistem makna yang dapat dikelola bersama orang lain. Misalnya ketika dua orang berbicara tentang keluarga, maka akan berbeda ketika seseorang berasal dari broken home sedangkan orang lain berasal dari keluarga yang harmonis. Perbedaan antara Broken Home dengan harmonis itulah yang dimaksud dengan naskah kehidupan (life script).
.
5. Pola Budaya
Pola Budaya merupakan gambaran mengenai dunia dan bagaimana hubungan seseorang dengan dunia tersebut. Contoh yang ekstrim misalnya ketika orang Indonesia yang melanjutkan studinya di Amerika Serikat dan suatu ketika menaiki bis umum: bila di Indonesia menyapa orang asing adalah hal yang wajar , sedangkan di Amerika menyapa orang asing bisa dianggap melanggar privasi orang tersebut.
· Coordination (Koordinasi)
masing-masing memasuki percakapan dengan pengalaman yang berbeda, Damian dan istrinya telah menciptakan episode makna yang lengkap. Koordinasi sempurna di capai. Sedangkan koordinasi sebagian (kurang sempurna) merupakan koordinasi dimana setiap individu memiliki interpretasi yang berbeda mengenai apa yang dikatakan satu sama lain,dan hal ini menyebabkan tidak tercapainya komunikasi sempurna, sehingga menjadi koordinasi sebagian.
· Pengaruh terhadap Proses Koordinasi
Koordinasi dipengaruhi oleh 2 hal, yaitu :
1. Moralitas
Koordinasi mengharuskan individu untuk menganggap tingkatan moral yang lebih tinggi sebagai suatu hal yang penting. Tiap oraang membawa berbagai tingkatan moral ke dalam percakapan untuk menciptakan dan menyelesaikan suatu episode.
2. Sumber Daya
Sumber daya termasuk persepsi, kenangan dan konsep yang membantu orang mencapai koherensi dalam realitas social mereka. Orang membawa sumber daya yang berbeda dalam sebuah percakapan, mengakibatkan orang lain untuk merespons yang laiinya berdasarkan pengelolaan makna mereka sendiri.
· Rangkaian Seimbang dan Tidak Seimbang
Rangkaian (loop) merupakan kemampuan suatu level dalam hierarki makna untuk berefleksi. Suatu rangkaian disebut seimbang (charmed) ketika suatu bagian mendukung level yang lain. Dengan kata lain, rangkaian seimbang merupakan aturan makna konsisten di seluruh bagian rangkaian. Sebaliknya , rangkaian bisa disebut tidak seimbang (strange) ketika aturan makna berubah-ubah di seluruh rangkaian.
PRINSIP
Prinsip yang digunakan ialah bahwa realitas sosial terbentuk dari adanya komunikasi yang memegang peran penting 3 konsep dasar CMM, yakni Menagement, Meaning, dan coordination. Dengan menggunakan prinsip ini, maka komunikasi (percakapan) dalam realitas sosial akan lebih mudah dipahami dan terdapat persamaan makna diantara partisipan komunikasi
Evaluasi Teori
a. Ruang Lingkup
Teori ini dirasa abstrak, dan ddidalamnya terdapat definisi-definisi yang kurang tepat. Fase awala yang diteliti oleh Pearce dan Cronen sangat membingungkan. Adanya system bahasa yang personal di teori ini, menurut Banders menimbulkan masalah dan tidak menjelaskan sifat social sebuah makna.
b. Parsimoni
Karena ruang lingkup teori ini begitu luas, maka hal ini menunjukkkan bahwa teori ini tidak memiliki sifat parsimony, atau yang biasa disebut sederhana. Sehingga pada akhirnya seolah-olah teori ini hanya bisa dipahami dari sebuah penjelasan yang berbeli-bellit. Namun dengan menggunakan berbagai ilustrasi dapat menghindari terjadinya penjelasan yang berbelit-belit.
c. Kegunaan
CMM merupakan salah satu teori yang diakui baik bagi para teoritikus sebagai teori praktis.
d. Heurisme
CMM merupakan teori yang sangat heuristic, yaitu melampaui area bahasan yang berbeda sehingga akan memunculkan kemungkinan-kemungkinan teori baru.